Rabu, 11 Juni 2014

Program Pelatihan untuk PNPM

BLK Pertanian Klampok, melalui paket  pelatihan APBN,  menawarkan kepada Badan Keswadayaan Masyarakat dan Kelompok Swadaya Masyarakat di Kabupaten/Kota di Jawa Tengah, khususnya di sekitar Banjarnegara untuk kerja sama penyelenggaraan pelatihan kerja bagi masyarakat.

Jenis pelatihan kerja yang kami tawarkan adalah pelatihan kerja di bidang pertanian secara umum, yaitu bidang-bidang hortikultura, tanaman pangan, tanaman perkebunan, perikanan, peternakan, mekanisasi pertanian maupun pengolahan hasil pertanian. Daftar jenis pelatihan dapat dilihat pada menu Layanan Pelatihan di atas.

BLK Pertanian Klampok telah menyediakan instruktur/tenaga pelatih, materi, bahan ajar, bahan praktek, peralatan praktek, dan fasilitas asrama. Kelompok Swadaya Masyarakat tinggal memfasilitasi akomodasi peserta, yaitu konsumsi selama pelatihan (sekitar 20 hari pelatihan).

Keuntungan kerja sama seperti ini adalah desa tidak perlu mengeluarkan dana yang relatif besar seperti dengan mengundang instruktur atau tenaga pelatih ke desa dan menanggung seluruh kebutuhan pelatihan. Anggaran yang biasanya untuk honor instruktur dan pembelian bahan, bisa digunakan untuk hal yang lain, seperti modal untuk usaha masyarakat, pembelian alat/mesin pertanian, hewan ternak, pembangunan kandang, dll.

Melalui kerja sama seperti ini diharapkan program PNPM dapat lebih efektif, efisien dan memberikan manfaat yang lebih nyata bagi masyarakat.

Sumber : SINI

0 komentar :

Posting Komentar