Kamis, 05 Juni 2014

Jambore Kelompok UEP dan SPP PNPM - MPd Tahun 2013

  

(BANJARNEGARA) – Sebagai perwujudan semangat pemberdayaan dan upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Banjarnegara, UPK PNPM Kecamatan Susukan telah mengadakan Jambore Kelompok UEP dan SPP PNPM-MP Tahun 2013.

Kegiatan ini dilaksanakan di halaman Kantor Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara, Sabtu (06/07).

Ketua Panitia Kegiatan, Suparno mengatakan tujuan dari kegiatan ini yakni sebagai ajang promosi produk kelompok Unit Pengelola Kegiatan (UPK) dan Simpan Pinjam Perempuan (SPP) yang menjadi binaan UPK PNPM Kecamatan Susukan.

“kemudian sebagai upaya untuk menumbuh kembangkan kedekatan, kekeluargaan dan kebersamaan antara pemerintah, kelembagaan, UPK, kelompok dan masyarakat” katanya.
Selain Jambore Kelompok UEP dan SPP PNPM-MP, lanjut Suparno, dalam kegiatan ini juga telah dilaksanakan Penyerahan dana sosial UPK tahun 2012 PNPM-MP Kecamatan Susukan.
“Untuk Dana Sosial UPK bersumber dari surplus UPK tahun 2012 sebesar Rp 140.000.000,-“ katanya.
Suparno menjelaskan, bentuk dari kegiatan dana sosial berupa berupa rehab RTM (Rumah Tangga Miskin) sebesar Rp 110.000.000,- untuk 15 desa di Kecamatan Susukan dan paket sembako sebesar Rp Rp 30.000.000,- untuk 370 RTM masing-masing senilai Rp 100.000,-.
“alokasi bantuan rehab rumah RTM setiap desa diberikan secara proporsional antara Rp 6.500.000,- sampai dengan Rp 9.000.000,-, kemudian untuk swadaya RTM penerima paket sembako masing-masing sebesar Rp 20.000,-“ kata Suparno.

Pada kesempatan yang sama, Sutedjo Slamet Utomo, SH., M.Hum, Bupati Banjarnegara dalam sambutannya mengatakan kegiatan Jambore Kelompok UEP dan SPP PNPM-MP ini merupakan kegiatan yang pertama kali diadakan di Kabupaten Banjarnegara. Sutedjo berharap melalui kegiatan seperti ini dapat mengangkat produk lokal yang ada di Banjarnegara, khususnya di Kecamatan Susukan.
“untuk mempertahankan kualitas produk lokal kita, perlu dijaga kebersihan dan kesehatannya, kemudian rasanya, dan yang terakhir kemasannya” kata Sutedjo.

Kecamatan Susukan merupakan salah satu kecamatan yang memiliki produk lokal dengan kualitas yang tidak diragukan, seperti Batik Gumelem dan Kacang Asin. Kemudian juga sedang dikembangkan produk gula semut yang nilai jualnya jauh lebih menguntungkan dari gula kelapa biasa.

Sutedjo juga berharap agar pelaku PNPM dan masyarakat dapat mengelola dana PNPM dengan baik dan benar, mengingat dengan kegiatan ini dapat mengurangi angka kemiskinan di Banjarnegara.
“Dana PNPM manfaatnya besar, yang penting dikelola dengan baik, ujung-ujungnya kembali ke masyarakat” jelas Sutedjo. ***** (din)
 
Sumber: Sini

0 komentar :

Posting Komentar