Kamis, 05 Juni 2014

MAD Gaul dengan Google Earth dan Video

MAD Gaul dengan Google Earth dan Video



Salah satu tujuan utama MAD Prioritas Usulan dalam kontek PNPM Mandiri Perdesaan adalah disepakatinya daftar prioritas / rangking usulan desa. Mekanisme umum pembuatan prioritas kurang lebih sebagai berikut :

  1. Tim verifikasi di depan forum MAD menyampaikan rekomendasi atas sebuah usulan
  2. Peserta MAD kemudian dibagi dalam beberapa kelompok diskusi
  3. Peserta diskusi kelompok :

-          Mencermati proposal
-          Menggali informasi usulan dari perwakilan desa pengusul
-          Mencermati rekomendasi Tim Verifikasi,
-          Kemudian dibuatlah rangking usulan

   4. Diskusi pleno menggabungkan nilai dari diskusi kelompok
5       5. Diperoleh peringkat usulan se kecamatan.

Dengan mekanisme standart seperti tersebut, sisi kelemahannya adalah peserta diskusi memiliki informasi yang terbatas terhadap realitas lapangan dari usulan itu. Dengan informasi yang minim, dikuatirkan menghasilkan sebuah prioritas usulan yang tidak sesuai fakta lapangan dan kurang sinkron dengan maksud tujuan program.

Ada sebuah solusi alternatif yang diharapkan dapat memperkaya informasi bagi peserta diskusi di MAD, sehingga daftar skala prioritas yang dihasilkan lebih berkualitas. Alternatifnya adalah dengan memanfaatkan tehnologi informasi yang saat ini bisa dimanfaatkan yaitu dengan membuat media presentasi yang berisi tentang informasi seputar usulan desa. Untuk melakukan hal ini, dibutuhkan alat-alat: Kamera terutama yang bisa merekam video, Komputer, LCD Projector. Juga dibutuhkan beberapa software pendukung seperti: Google earth, powertpoint, pengolah video serta jaringan internet.

Adapun langkah-langkah pembuatannya dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
  1. Pengumpulan Data
Data yang dimaksud disini berupa gambar-gambar kondisi usulan kegiatan, bisa berupa foto maupun rekaman video.
Pengumpulan data bisa dilaksanakan pada waktu tertentu atau bersamaan saat ada kegiatan verifikasi.

Di bawah ini contoh pada saat kami mengumpulkan data kondisi jalan di Desa Kaliajir, Kecamatan Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara. 


Kemudian, mengumpulkan gambar yang berkaitan dengan posisi / lokasi usulan. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan kecanggihan software Google Earth. Untuk dapat memanfaatkan Google Earth ini tentunya harus terhubung melalui jaringan internet. Bagi yang belum mempunyai software Google earth, dapat mendownload disini.

Nah, ketika kita sudah berada/ aktif di Google Earth ini, bisa langsung mencari lokasi usulan. Setelah ditemukan, tandai secara khusus. Setelah ditandai, simpan hasilnya dalam format gambar (Save As). Dari google Earth sekaligus juga dapat kita terka volume sebuah usulan.

Berikut contoh hasil penelusuran lokasi usulan kegiatan dan tanda garis merah yang dibuat menunjukan lokasi usulan.

  2. Pengolahan Data
Dari data yang terkumpul (Foto, Video, Gambar hasil Google Earth), kita olah menjadi bahan presentasi, bisa dalam bentuk Power Point, Video Presentasi, dll). Tentunya perlu dikemas sedemikian rupa sehingga media presentasi yang kita buat menjadi menarik bagi peserta MAD.
Berikut contoh hasil pengolah data dengan power point dan sekaligus dibuat link dengan sebuah video yang yang terkait dengan usulan tersebut. 


  3. Presentasi Data
Media presentasi yang sudah jadi, kemudian ditampilkan di depan forum MAD melalui perangkat LCD Projector. Pelaku presentasi bisa Ketua MAD, Tim Verifikasi, Fasilitator atau pihak berkompeeten lainnya. Waktu penayangan bahan presentasi tersebut bisa pada saat Tim Verifikasi menyampaikan hasil rekomendasi atau menjelang diskusi kelompok. Intinya, pada waktu peserta MAD akan berdiskusi kelompok, mereka telah memperoleh gambaran nyata sebuah usulan kegiatan.


Cara tersebut di atas tentunya tidak dapat diterapkan di semua wilayah, karena adanya beberapa prasyarat pendukung untuk mewujudkannya, seperti internet, LCD projector, dll. Tapi di beberapa tempat lainnya, setidaknya hal tersebut tidaklah sulit dilaksanakan. Bila terlaksana, hal ini bisa lebih melengkapi dan meningkatkan mutu penggunaan peta sosial yang selama ini sudah kita lakukan. Dan, .. akhirnya hasil akhir yang diharapkan adalah sebuah daftar skala prioritas yang lebih berkualitas.

0 komentar :

Posting Komentar