Kamis, 25 Maret 2010

Peningkatan Komitmen Eksekutif Atasi Kemiskinan

BANJARNEGARA – Sejalan dengan kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah sebagaimana diatur dalam UU No.32 Tahun 2004 maka Pemerintah Kabupaten Banjarnegara berupaya menghasilkan perkembangan yang cukup positif dan signifikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, salah satunya lewat PNPM Mandiri Perdesaan. ”Untuk itulah, saya menghimbau agar para pejabat harus mau terjun ke masyarakat, minimal 1 orang membina 10 masyarakat sebagai bagian dari komitmen penandatangan pengentasan kemiskinan”, tegas Bupati Banjarnegara, Drs. Ir. H. Djasri, MM, MT dalam pembukaan acara Semiloka PNPM-Mandiri Perdesaan bagi SKPD di Hotel Banjarnegara (18/6).


Bupati juga menginstruksikan 3 poin utama dalam menjalankan program ini yaitu demi kesuksesan PNPM-Mandiri jangan sampai ada uang yang disalahgunakan, para pelaksana harus kreatif dalam mencari pola untuk mengentaskan kemiskinan, terakhir SKPD harus memiliki komitmen kuat sehingga berapapun dana yang tersedia dapat terwujud sinkronisasi dan harmonisasi dalam pelaksanaannya.

Sementara itu, Tenang Suparyo, SE, Kepala Kantor Pemberadayaan Masyarakat dan Desa melaporkan bahwa tujuan diadakannya Semiloka ini adalah untuk memperkuat komitmen dan koordinasi lintas sektor dalam rangka penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat. Adapun anggarannya dibebankan pada Anggaran Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA PNPM-MD Tahun Anggaran 2009.

”Hasil yang diharapkan adalah memperkuat SKPD Kabupaten Banjarnegara dalam menyusun rencana kerja pembangunan daerah dan meningkatkan komitmen bersama untuk penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat,” tambahnya.

Hadir dalam acara tersebut sebagai narasumber Kepala BAPPEDA Kabupaten Banjarnegara, Tim Koordinasi PNPM Mandiri dari UGM Jogjakarta, dan LSM Bina Insani. Sebagai tamu undangan Kepala SKPD se-Kabupaten Banjarnegara/Anggota TK.PNPM-MD, Camat se-Kabupaten Banjarnegara, PJOK Kecamatan, TK.PNPM-MD Provinsi Jawa Tengah, Fasilitator PNPM-MD, Koordinator Pendamping UPK, LSM, dan wartawan.

Copas dari : www.banjarnegarakab.go.id

0 komentar :

Posting Komentar